Selasa, 14 Desember 2010

SYMANTEC CORPORATE FOR XP

Melihat animo teman - teman tentang antivirus yang mampu mengatasi berbagai macam virus baru dari luar, saya akan memberikan antivirus yag menurut saya masih yang terbaik. langsung aja sedot di sini

Untuk mendapatkan updatenya, kalian harus rajin mengupdatenya, maksimal update 1 bulan saja... nih link updatenya di sini

Senin, 13 Desember 2010

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas...... Semester...di MTs........Dengan Penerapan Metode Struktural NHT ( Numbered Head Togheter ) Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Tahun Pelajaran .......

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Di era globalisasi yang sedang berlangsung dewasa ini. Indonesia menghadapi berbagai tantangan. Tantangan tersebut antara lain persaingan ketat dalam pandangan internasional sebagai konsekuensi pasar bebas di kawasan ASEAN dan Asia Pasifik. Hal tersebut telah menimbulkan berbagai masalah kehidupan, termasuk matinya produk-produk perdangan  lokal bahkan pabrik-pabrik tekstl dalam negeri , karena tidak mampu bersaing dengan produk luar. Contohnya kalau jalan-jalan ke swalayan, dapat kita saksikan berapa proses produk dalam negari yang dipasarkan, bahkan mencari jeruk Garut atau Apel malang saja  sudah susah.
Menghadapi tantangan dan permasalahn tersebut, pendidikan harus berorientasi sesuai dengan kondisi dan tuntutan itu, agar output pendidikan dapat mengikuti perkembangan yang terjadi. Dalam kondisi ini manajemen birokratik sentralistik yang telah menghasilkan pola penyelenggaraan pendidikan yang beragam dalam berbagai kondisi lokal yang berbeda untuk berbagai lapisan masyarakat yang berbeda, tidak bisa dipertahankan lagi. Dikatakan demikian karena muatan dan proses pembelajaran di sekolah selama ini menjadi miskin variasi, berbasis pada standar nasional yang kaku dan diimplementasikan di sekolah atas dasar petunjuk-petunjuk yang cenderung serba detail. Di samping itu  peserta didik dievaluasi atas dasar akumulasi pengetahuan yang telah diperolehnya sehingga orang tua tidak mempunyai variasi  pilihan atas jasa pelayanan pendidikan bagi anak-anaknya sumber-sumber pembelajaran di “ dunia” nyata dan unggulan daerah tidak dimanfaatkan bagi kepentingan pendidikan di sekolah dan lulusan hanya mampu  menghafal tanpa memahami.
Tantangan masa depan yang berbeda indikatornya telah  nampak akhir-akhir ini menuntut manusia yang mandiri, sehingga peserta didik harus dibekali dengan kecakapan hidup ( life skill) melalui muatan, proses pembelajaran dan aktivitas lain di sekolah. Kecakapan hidup di sini tidak semata-mata terkait dengan motif ekonomi secara sempit, seperti keterampilan untuk bekerja , tetapi menyangkut aspek sosial budaya seperti cakap, berdemokrasi, ulet dan memilih budaya belajar sepanjang hayat. Dengan demikian pendidikan yang berorientasi kecakapan hidup pada hakekatnya adalah pendidikan untuk membentuk watak dan etos.
Perkembangan global saat ini juga menuntut dunia pendidikan untuk selalu mengubah konsep berfikirnya. Konsep lama mungkin sudah tidak sesuai  dengan perkembangan saat ini, lebih-lebih untuk yang akan datang. Untuk itulah, perubahan selalu dilakukan sesuai dengan  perkembangan jaman.
Belajar adalah proses penambahan pengetahuan. Konsep ini muncul pada pengertian paling awal. Namun pandangan ini ternyata masih berlaku bagi sebagian orang di negeri ini. Dengan pijakan konsep ini belajar seolah-olah hanya penjejalan ilmu pengetahuan kepada siswa.
Pandangan ini tidak perlu salah karena pada kenyataannya bahwa belajar itu menambah pengetahuan kepada anak didik. Namun demikian konsep ni masih sangat persial, terlalu sempit dan menjadikan siswa sebagai individu-individu yang pasif dan repasif. Siswa layaknya sebuah benda kosong yang perlu diisi sampai penuh tanpa melihat potensi yang sebenarnya sudah ada pada siswa.
Pendidikan formal saat ini ditandai adanya perubahan yang berkali-kali dalam beberapa  tahun terakhir ini ditandai dengan adanya suatu perubahan (inovasi). Perubahan pada hakekatnya adalah sesuatu hal yang wajar karena perubahan itu adalah sesuatu yang bersifat kodrati dan manusiawi. Hanya ada dua alternative pilihan  yaitu  menghadapi tantangan yang ada di dalamnya atau mencoba menghindarinya. Jika perubahan direspon positif akan menjadi peluang dan jika perubahan direspon negative akan menjadi arus  kuat yang menghempaskan dan mengalahkan kita.
Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, metode, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan (inovasi).  Dengan  adanya inovasi tersebut di atas di tuntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif.    Terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup (life skill) siswa yang berpikak pada lingkungan sekitarnya
Di sekolah saat ini, pembelajaran ilmu pengetahuan sosial menunjukkan indikasi bahwa pola pembelajarannya makin bersifat teacher centered. Kecenderungan pembelajaran demikian, mengakibatkan lemahnya pengembangan potensi diri siswa dalam pembelajaran sehingga prestasi belajar yang dicapai tidak optimal.. Hasil penelitian Yoyok (1999) tentang interaksi kelas di sekolah menunjukkan bahwa 95% interaksi kelas dikuasai oleh guru. Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan oleh guru dalam interaksi kelas berupa pertanyaan-pertanyaan dalam kategori kognisi rendah.
Berdasarkan data yang diperoleh dari guru di MTs Darul Falah, hasil belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran IPS Ekonomi semester I Tahun ajaran 2010/2011 belum memuaskan, karena siswa yang sudah tuntas belajar (KKM = 70 ) sekitar 60%.
Hal ini dapat dilihat dari kondisi kondisi siswa yang pasif dan cenderung untuk menghafal konsep tanpa disertai pemahaman yang memadai, kurang bervariasinya metode yang penulis pergunakan, rendahnya partisipasi dan perhatian siswa pada waktu proses pembelajaran.
Kenyataan ini menunjukkan masih rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang ada. Akibatnya dalam suatu proses pembelajaran yang  kompenen utamanya adalah guru dan  siswa, banyak siswa yang mengalami  kesulitan belajar dan siswa belum berperan aktif meskipun guru telah  menyampaikan materi sesuai dengan ketentuan.
Keberhasilan suatu pembelajaran selain menguasai materi, juga harus  menggunakan pendekatan pembelajaran dan media yang tepat yang diharapkan. dapat membentuk siswa dalam pengembangan pengetahuan secara efektif. Media  pengajaran merupakan suatu bagian dari proses pendidikan di sekolah karena itu  menjadi suatu alat yang harus dikuasai  oleh setiap guru. Guru tidak hanya bisa  merumuskan tujuan pembelajaran, mengelola kelas ataupun melaksanakan  pembelajaran akan tetapi juga dituntut untuk menguasai model pembelajaran  termasuk medianya.
Sehubungan kurang berhasilnya pembelajaran yang terjadi di sekolah, maka penulis ingin memperbaiki proses pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas ini. Adapun perbaikan proses pembelajaran yang saya lakukan dengan cara menumbuhkan motivasi yang tinggi, merubah perencanaan pengajaran, serta mengembangkan potensi yang dimiliki siswa secara maksimal, sehingga PTK ini penulis beri judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas...... Semester...di MTs........Dengan Penerapan Metode Struktural NHT ( Numbered Head Togheter ) Pada  Mata Pelajaran IPS Ekonomi Tahun Pelajaran ....... “.

1.2  Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini permasalahan yang dikemukakan adalah: Apakah melalui penerapan Metode Struktural NHT (Numbered Head Togheter) hasil belajar Siswa Kelas ....Semester ....di  MTs .... Tahun pelajaran ..... pada mata pelajaran IPS Ekonomi materi pokok pasar dalam kegiatan ekonomi tahun pelajaran......dapat ditingkatkan ?

1.3   Tujuan Penelitian
            Penelitian ini bertujuan untuk  memperbaiki proses pembelajaran di kelas dan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas .....di MTs.... khususnya pada materi pokok pasar dalam kegiatan ekonomi


1.4   Manfaat Penelitian
            Hasil dari penelitian ini dapat bermanfaat :
1.      Bagi guru, dapat meningkatkan dan memperbaiki sistem pembelajaran di kelas.
2.      Bagi siswa, dapat meningkatkan prestasi belajar IPS Ekonomi siswa khususnya  pada materi pokok pasar dalam kegiatan ekonomi.
3.      Bagi sekolah, dapat memberikan sumbangan yang baik pada sekolah dalam rangka memberikan pembelajaran IPS Ekonomi pada khususnya.
4.      Bagi Lembaga ......k, Sebagai masukan Pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam rangka mempersiapkan mahasiswa sebagai tenaga yang berkompeten dan siap pakai
5.      bagi peneliti sendiri, dapat menambah wawsan dan pengetahuan sehingga dapat dijadikan pengalaman untuk meningkatkan kualitas dan prestasi peserta didik.
6.    bagi peneliti lain diharapkan agar penelitian tindakan kelas ini dapat berguna untuk dijadikan acuan dalam penelitian selanjutnya.


untuk Selanjutnya..via email 

Membaca file Microsoft Office 2007 di Microsoft Office 2003

Pernah mengalami kesulitan saat membuka file Office 2007 ?
Aplikasi ini cocok untuk mengatasi hal itu. File format converter mampu mengconversi file office 2007 ke office 2003. sedot aja di sini 

Minggu, 12 Desember 2010

Menghancurkan folder autorun.inf

Folder autorun.inf pada flashdisk, dibawa oleh Antivirus SMADAV yang sulit dihapus..
Tapi jangan kawatir, dengan menggunakan aplikasi di bawah ini kita bisa menghilangkan folder yang bisa menghambat antivirus lain dalam scanernya. caranya, instal aplikasi ini, setelah terinstal klik kanan pada folder autorun.inf, kemudian pilih unlocker, trus pilih hapus.

untuk mendapatkan aplikasi ini, kamu tinggal klik aja disini
akhirnya....kesampaian juga buat blog ini...
blog ini aku persembahkan buat istri tercintaq....